PROPOSAL
PROGRAM
KREATIVITAS MAHASISWA
BOLA-BOLA
GETUK ORANGE SEBAGAI INOVASI
MAKANAN
TRADISIONAL
BIDANG
KEGIATAN :
PKM
KEWIRAUSAHAAN (PKM-K)
Diusulkan
oleh :
Kartika Dewi (1513500067/2013)
Urslam
Wiweko Pramudhityo (1513500012/2013)
Winda Nur Azizah (1513500118/2013)
PENDIDIKAN BAHASA SASTRA INDONESIA DAN DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PANCASAKTI
TEGAL
2015
HALAMAN
PENGESAHAN
1.
Judul Kegiatan :
BOLA-BOLA GETUK ORANGE SEBAGAI INOVASI
MAKANAN TRADISIONAL
2. Bidang Kegiatan : PKM-K
3. Ketua
Pelaksana Kegiatan :
a. Nama Lengkap : Kartika
Dewi
b. NIM :
1513500067
c. Jurusan :
Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
d. Perguruan
Tinggi :
Universitas Pancasakti Tegal
e. Alamat Rumah : Sigentong
f. Alamat Email : kartikadewi3788@yahoo.com
- Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis : 2 (dua) orang
5.
Dosen Pendamping :
a. Nama Lengkap
dan Gelar : Afsun Aulia
Nirmala, M.Pd.
b. NIDN :
0625028603
c. Alamat Rumah
dan No Telp./Hp : Jalan Diponegoro
663 Bumiayu- Brebes 52273
Biaya Kegiatan Total Dikti : Rp. 5.000.000,00
Jangka Waktu
Pelaksanaan : 4 bulan
Tegal, 09 Juni 2015
Menyetujui,
Kepala Progdi PBSID
Sutji
Muljani, S.S., M.Hum.
NIP.
10452571970
Ketua
Pelaksana
Kartika Dewi
NPM. 1513500067
Pembantu Dekan III
Bidang Kemahasiswaan FKIP
Drs. Tri Mulyono, M.Pd.
NIP. 75525111965
Dosen
Pembimbing
Afsun Aulia
Nirmala, M.Pd.
NIPY. 18862521986
RINGKASAN
Bola-Bola
Getuk Orange merupakan inovasi promosi kuliner kaya manfaat. Mengingat tidak
sedikit masyarakat sekarang mudah terserang penyakit karena komsumsi makan yang
tidak teratur dan sembarangan. Melalui getuk dengan berbagai perpaduan sayur
yang kaya akan manfaat serta berbagai macam bentuk yang menarik, kami yakin
akan membuat masyarakat memilih makanan yang menarik dilihat namun kaya akan
manfaat bagi tubuh.
Target
pemasaran getuk ini adalah semua masyarakat, mengingat pemasaran bola-bola
orange ini sebagian besar di tempat-tempat kampus, sekolah, lingkungan
masyarakat.
Metode yang
dipakai dalam mempromosikan bola-bola getuk orange adalah informasi dari mulut
ke mulut, bekerja sama dengan pusat oleh-oleh atau tempat makan, dan toko-toko.
BAB IPENDAHULUAN
A. Judul Program
BOLA-BOLA
GETUK ORANGE SEBAGAI INOVASI
MAKANAN TRADISIONAL
B. Latar Belakang Masalah
Ubijalar(Ipomoea
batatas) merupakansalahsatutanaman yang mempunyaipotensibesar di Indonesia.
Penghasilutamaubijalar di Indonesia adalahJawadanIrian Jaya yang
menempatiporsisekitar 59 persen.Ubijalarmerupakankomoditi yang
potensialuntukbahanpangandanbahanbakuindustriapabiladilihatdarikandungankarbohidrat,
umurpanen yang relatifpendek,
danmudahnyatanamaniniuntukberadaptasiterhadapfaktorlingkungandibandingkantanaman
lain.DirektoratGiziDepkes RI, 1981, Suismono, 1995
mengatakanbahwaubijalarmerahmengandungenergi 123,00 kalori, protein 1,80 gram,
lemak 0,70 gram, karbohidrat 27,90 gram, air 68,50 gram, seratkasar 1,20,
kadargula 0,40 danbetakaroten 174,20. Selainitu, dalam 100 gram
ubijalarmerahjugamengandungkalsium 30 miligram, fosfor 49 miligram, zatbesi 1
miligram, vitamin A 7700 IU, vitamin B1 0,09 miligram, vitamin C 22 miligram.
Getukadalahsalahsatujenismakanantradisional
Indonesia yang legendariskarenadarimasakemasaakanselaluadapenggemarsetianya.
Sepertikitaketahuisemuanyajikasecaraumumkuegetukterbuatdarisingkong, namun kali
iniadainovasidaribahangetukitusendiriyaituberupaubijalaratau yang
jugaseringdisebutsebagaiketelarambat, atau orang
Jawajugaseringmenyebutnyasebagaitelopendem. GetuksepertiinisesuaidenganbahanuntukmembuatnyaseringdisebutsebagaiGetukUbiJalar,
selainitujikadilihatdarirasanyajugamemilikicita rasa yang
khasdanberbedadenganjenis-jenisgetuklainnya. Proses pembuatan getuk ( Bola-Bola Getuk Orange ) relatif
mudah, sehingga bisa langsung dikerjakan oleh setiap orang. Peralatan yang
digunakan juga relatif sederhana sehingga untuk memulai usaha ini relatif tidak
memerlukan biaya investasi yang besar. Oleh karena itu, usaha pengolahan getuk
ini bisa dilakukan dalam skala usaha kecil. Dengangetuk
yang sangatbermanfaatbagitubuh,
jugadapatdivariasikandalambentukyang
menariksehinggamasyarakatsemakingiatuntukmengonsumsicemilaninidenganberbagaimanfaat
yang terkandung di dalamnya.
C. Perumusan Masalah
Rumusan
masalah dari program kewirausahaan ini adalah :
1. Bagaimana mengembangkan produk getuk
melalui pemanfaatan ubi jalar sebagai bahan dasarnya?
2. Bagaimana mengolah ubi jalar menjadi
bola-bola getuk orange yang bergizi dan bernilai jual tinggi?
3. Bagaimana cara mengelola usaha
bola-bola getuk orange agar dapat menarik para konsumen?
4. Bagaimana profit keuntungan dari
usaha produksi bola-bola getuk orange?
D. Tujuan
Tujuandari program
iniadalahsebagaiberikut:
1. Menghasilkanubijalarsebagaibahandasar pembuatan bolo bola getuk orange.
2. Mampu membuat olahan dari ubi jalar
menjadi getuk dengananekamakanan yang bergizitinggi.
3. Mampu mengelola usaha bola-bola
getuk orange dan menarik para konsumen.
4. Membukapeluangusahabaru
di bidangkuliner
dan meningkatkan pendapatan mahasiswa.
E. Luaran yang Diharapkan
Luaran yang kami harapkandari PKMiniadalahsebagaiberikut:
1. Menghasilkanmakanan
yang kurangbegitupopulerdenganmengembangkankreasi rasa dariGetukubi jalar yang
sebelumnyakurangdiketahuisehinggamampumenjadi alternative cemilanbarudikalanganmasyarakat.
2.
Produkmakanan yang akanmenginspirasi
para produsenmakananuntukmenciptakanprodukbaru yangkurangbegitudikenal.
F. Kegunaan Program
Kegunaan program
kreatifitasmahasiswadalambidangkewirausahaaniniadalah:
1. Menumbuhkembangkandayakreatifitasmahasiswa.
2. Membukapeluangusahabaru di bidang kuliner.
3. Menambahkeberagamanjenisoleh-olehmasyarakat.
4. Meningkatkannilaijualpertanianubi jalar.
5.
Melatihkerjasamakelompok agar
bisamenjaditimdalammengelolasebuahusaha.
BAB IIGAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
A. Tempat Produksi
Indonesia
merupakannegaraagrarisdenganberbagaimacamsumberdayaalam yang
melimpahdanpotensialuntukdikembangkan. Ubi jalar merupakanjenistanamanumbi-umbian
yang dapatdibudidayakan dimanasaja. Jikaubi jalartersebutdimaksimalkanpengolahannyamakaakanmenambahnilaiekonomisdariolahanubi jalartersebut. Oleh karena itu, proses produksi
bisa dilakukan dalam skala rumah tangga, selama memiliki sejumlah peralatan
yang diperlukan dan mudah di dapat di masyarakat.
B. Lokasi Usaha
Kami
memilih lokasi usaha bola-bola getuk orange di masyarakat sekitar Brebes
dikarenakan sasaran utama konsumen kami adalah ibu-ibu rumah tangga. Dengan
banyaknya populasi ibu rumah tangga di Brebes membuat usaha ini cepat untuk
dikenali dan di minati oleh para masyarakat ssekitar. Oleh karena itu, dijadikan sebagai pangsa pasar yang sangat
strategis untuk memulai usaha makanan ini.
C. Jenis Produksi
Jenis
produk yang dihasilkan adalah bola-bola getuk orange. Jenis produk ini berbahan
dasar ubi jalar yang relatif mudah ditemukan di sekitar kita. Sehingga tidak
sulit untuk mencari bahan dasarnya. Produk getuk ini dijual dalam kemasan 100
gram dan kemasan 500 gram.
BAB IIIRENCANA PELAKSANAAN PROGRAM
A. Metode Pelaksanaan
Setelah proposal disetujui untuk
merealisasikannya, pengaju akan menawarkan bola-bola getuk orange ini
dikalangan masyarakat Brebes, di
lingkungan rumah khususnya ibu-ibu rumah tangga. Agar rencana berjalan sesuai dengan
tujuan , ada beberapa tahapankerjasebagaiberikut :
1.
Pola
Kerja Usaha Bola-Bola Getuk Orange
Pembagian
kerja pada usaha ini tidak mengikuti pola kerja pada umumnya. Kami berencana
untuk mengelolanya secara bersama, sehingga di dalam pengelolaannya tanggung
jawab ada pada semua pelaksana. Mengenai pembagian jabatan secara struktural
mengikuti pola pengelolaan. Setiap individu berhak mengetahui dan menentukan
pengelolaan usaha makanan ini.
2. Metode Pengelolaan Produksi
a. Produk
Produk yang dihasilkan oleh usaha ini adalah bola-bola getuk
orange merupakan olahan bahan baku yang kaya akankarbohidrat yang
sehatdanbergizi.
Produk usaha ini memiliki kelebihan tersendiri yaitu getuk yang biasanya
terbuat dari singkong kali ini kami memproduksi getuk yang bahan bakunya ubi
jalar. Selain itu kami juga mempadukan antara ubi jalar dengan wortel. Kami
mengedepankan hasil produksi yang higienis untuk di konsumsi oleh masyarakat.
b. Bahan Baku
Bahan baku yang di gunakan dalam pembuatan getuk ini adalah
getuk yang terbuat dari ubi jalar merah. Sedangkan ciri-ciri fisik yang harus
dimiliki ubi yang bisa dijadikan bahan baku pembuatan getuk ubi adalah ubi
jalar dengan kondisi masih bagus dan tidak busuk.
Pada saat survai harga beli ubi
jalar 1 kg adalah 3.500,00. Dalam
pembuatan getuk ini, digunakan bahan-bahan pembantu, diantaranya :
-
Tepung
beras
-
Tepung
terigu
-
Gula
merah
-
Kelapa
-
Bubur
nasi
-
Minyak
sayur
-
Wortel
-
Garam
c. Proses Produksi
Proses Produksi bola-bola getuk orange relatif sederhana dan
mudah dilakukan. Proses produksi bola-bola getuk orange, adalah sebagai berikut
:
1. Perencanaan Operasi dan Produksi
a. Alat-alat yang akan digunakan :
1. Kompor
2. Tabung gas 3 kg
3. Pisau
4. Sarung tangan plastik
5. Mixer
6. Baskom
7. Wajan
8. Panci
9. Susuk
10. Serok penggoreng
11. Staples + isi
12. Kertas pilus
13. Sendok
14. Mesin perutan kelapa
15. Ember sedang
16. Timbangan duduk
17. Mika plastik
b. Bahan-bahan yang digunakan :
1. Ubi jalar
2. Garam
3. Gula merah
4. Kelapa
5. Bubur nasi
6. Minyak sayur
7. Wortel
8.
Tepung
beras, terigu
c. Cara membuat :
1. Kupas kulit
ubi jalar, wortel, dan kelapa. Kemudian cuci sampai bersih.
2. Kukus ubi
jalar dan wortel hingga empuk, ketika masih panas haluskan ubi jalar tersebut.
Selain itu, parut wortel dan kelapa.
3. Campurkan
gula merah, garam, dan air. Kemudian rebus dan aduk hingga gulanya larut.
4. Tuangkan
larutan gula pada ubi jalar halus. Tambahkan kelapa, wortel, bubur, dan sedikit
tepung terigu dan tepung beras serta aduk hingga merata.
5. Bentuk
adonan tersebut menyerupai bola. Panaskan minyak sayur, ketika sudah panas
masukan adonan tersebut secara berkala.
6. Ketika sudah
matang, angkat getuk tersebut dan dinginkan.
7. Bungkus
bola-bola getuk dengan kertas pilus. Bisa juga tanpa dibungkus.
8. Masukkan ke
dalam kemasan mika plastik.
9.
Bola-bola getuk orange siap untuk di pasarkan dan
dikonsumsi.
B. Promosi dan penjualan
Adapun untuk pengenalan produk ini
kepada masyarakat kami awali di lingkungan rumah sekitar yaitu dengan memberi
sampel produk bola-bola getuk orange kepada anggota keluarga dan tetangga
sekitar lokasi produksi. Selanjutnya kami akan menitipkan produk ini ke
toko-toko di sekitar daerah Brebes. Produk ini juga akan dipublikasikan dimuat
dalam bentuk selebaran-selebaran, maupun koran lokal. Setelah masyarakat
mengenal akan produk bola-bola getuk orange, strategi selanjutnya dengan
memberikan sampel. Diharapkan masyarakat dapat merasakan dan menikmati getuk
ini yang sehat dan bermanfaat.
C. Analisis Pasar
1. AnalisisJumlahKonsumen
Dalamanalisisjumlahkonsumenini, calonkonsumen yang kami
bidikadalahmasyarakatumumterutama di kotaBrebes.
2. AnalisisJumlahPermintaan
Dari pernyataan di atas, kami asumsikandari 100 orang jumlahcalonpembeli
yang akanmembeliprodukini kami prediksikansangatrendah, yaitusekitar 2,5%
setiapharinya. Berartiada 25 orang pembelisetiapharinya. Presentasetersebut
kami ambilsebagaisuatupendekatan, jaditingkatvalidasinyamemangrendahtetapidapat
kami gunakansebagaipendekatanawal.
Jadiuntukperhitunganawaljumlahkonsumennyasebagaigambaranperhitungankitaambilmisalnya
25 orang setiapharinya.
3.
AnalisisSegmenPasar
Segmenpasar yang dibidiksementaraadalahmasyarakatkota
Brebes.
Initidakmenutupkemungkinanadanyakonsumendarikotalainnya. Dari perkiraan data
sebelumnya, 25 orang diperkirakansebagaikonsumen. Denganasumsisetiapkonsumen 1
bungkus
bola-bola getuk orange,
maka 1 haridihasilkanproduk 25 bungkus. Jikadiperkirakanuntuk 1
bulanjumlahharikerjaada 20 hari, makajumlahproduk yang dihasilkanadalah 500
bungkus
bola.
Denganasumsipasartumbuh 2% per bulan. Strategipemasaran yang kami
rencanakanadalahdenganmenitipkan di warung-warung di kota
Brebes, sehinggalebihtepatsasaran.
Selainitujugakitamenggunakanteknik marketing
penyebaraninformasidarimulutkemulut (world of mouth) danpenyebaranbrosur.
D. Jadwal Kegiatan Program
Kegiatan
usaha ini direncanakan selama 4 bulan. Terbagi terhadap 4 tahapan, yaitu 1
bulan pertama merupakan tahap persiapan alat dan bahan, bulan ke dua sampai
bulan ke tiga tahap pelaksanaan, dan bulan keempat tahap pembuatan laporan
akhir. Rencana jadwal kegiatan usaha adalah sebagai berikut:
Tabel 1. Rencana Jadwal Kegiatan Usaha
No.
|
Kegiatan
|
Bulan
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV
|
||
1.
|
Persiapan alat dan bahan
|
|
|
|
|
2.
|
Tahap pelaksanaan
|
|
|
|
|
3.
|
Tahap pembuatan laporan akhir
|
|
|
|
|
1. Tahap persiapan alat dan bahan
Tahap ini terdiri dari observasi, penyediaan alat dan bahan,
pemilihan alat dan bahan.
2. Tahap pelaksanaan
Tahap
ini terdiri dari proses produksi untuk uji coba, uji tanggapan konsumen dan
proses produksi untuk pemasaran.
3. Tahap pembuatan laporan akhir
Tahap ini
terdiri dari evaluasi dan pembuatan laporan.
BAB IVRANCANGAN BIAYA
A. Biaya Sewa Tempat Produksi
Sewa
tempat per tahun : Rp. 1.500.000,00
B. Mesin / Peralatan Produksi
Tabel 2.
Mesin / Peralatan Produksi
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
Satuan
|
Harga/Satuan
(Rp.)
|
Jumlah
(Rp.)
|
1.
|
Kompor Gas
|
1
|
Buah
|
400.000
|
400.000
|
2.
|
Wajan
|
1
|
Buah
|
50.000
|
50.000
|
3.
|
Tabung Gas
|
1
|
Buah
|
100.000
|
100.000
|
4.
|
Baskom
|
5
|
Buah
|
20.000
|
100.000
|
5.
|
Pengaduk
|
3
|
Buah
|
5.000
|
15.000
|
6.
|
Pisau
|
5
|
Buah
|
10.000
|
50.000
|
7.
|
Serok Penggorengan
|
1
|
Buah
|
7.000
|
7.000
|
8.
|
Mixser
|
1
|
Buah
|
350.000
|
350.000
|
9.
|
Sarung Tangan
|
4
|
Pasang
|
10.000
|
40.000
|
10.
|
Kertas Pilus
|
10
|
Pack
|
1.000
|
10.000
|
11.
|
Sendok
|
4
|
Buah
|
1.000
|
4.000
|
12.
|
Panci
|
1
|
Buah
|
50.000
|
50.000
|
13.
|
Parut
|
2
|
Buah
|
10.000
|
20.000
|
14.
|
Mangkok
|
2
|
Buah
|
5.000
|
10.000
|
15.
|
Mika
Plastik
|
5
|
Pack
|
5.000
|
25.000
|
16.
|
Timbangan
Duduk
|
1
|
Buah
|
75.000
|
75.000
|
Total
|
1.306.000
|
C. Bahan Baku dan Pelengkapan
Tabel 3. Bahan Baku dan Pelengkap
No.
|
Jenis
|
Jumlah
|
Satuan
|
Harga/Satuan
(Rp.)
|
Jumlah
(Rp.)
|
1.
|
Ubi Jalar Merah
|
10
|
Kg
|
3.500
|
35.000
|
2.
|
Gula Merah
|
2,5
|
Kg
|
14.000
|
35.000
|
3.
|
Kelapa
|
2
|
Buah
|
5.000
|
10.000
|
4.
|
Tepung Terigu
|
2,5
|
Kg
|
6.000
|
15.000
|
5.
|
Minyak Sayur
|
5
|
Kg
|
14.000
|
70.000
|
6.
|
Bubur
|
2,5
|
Mangkok
|
1000
|
2.500
|
7.
|
Wortel
|
2,5
|
Kg
|
7000
|
17.500
|
8.
|
Tepung Beras
|
2,5
|
Kg
|
7.000
|
17.500
|
9.
|
Garam
|
1
|
Pack
|
1000
|
1000
|
Total
|
203.500
|
D. Biaya Operasional
Tabel 4. Biaya Operasional
No.
|
Uraian
|
Per
Bulan (Rp.)
|
1.
|
Listrik
Dan Air
|
75.000
|
2.
|
Gas
|
175.000
|
3.
|
Biaya
Bahan Baku Produksi
|
250.000
|
4.
|
Biaya
Promosi
|
100.000
|
5.
|
Biaya
Perjalanan
|
200.000
|
Total
|
800.000
|
E. Biaya Pembuatan Laporan
Tabel 5. Biaya Pembuatan Laporan
No.
|
Nama
Kegiatan
|
Jumlah
|
Satuan
|
Harga
Satuan (Rp.)
|
Jumlah
Harga (Rp.)
|
1.
|
Pembuatan
Laporan
|
1
|
Bendel
|
200.000
|
200.000
|
Total
|
200.000
|
F. Estiminasi Dana
Tabel 6. Estiminasi Dana
No.
|
Keterangan
|
Jumlah
(Rp.)
|
1.
|
Mesin
dan Peralatan
|
1.306.000
|
2.
|
Bahan
Baku dan Pelengkap
|
203.500
|
3.
|
Biaya
Operasional
|
800.000
|
4.
|
Biaya
Pembuatan Laporan
|
200.000
|
5.
|
Biaya
Sewa Tempat
|
1.500.000
|
Total
|
4.009.500
|
G. Analisis Pendapatan
Pada
bagian awal diasumsikan bahwa jumlah konsumen setiap harinya ada 25 orang.
Setiap konsumen membeli 1 bungkus getuk ubi, sehingga setiap harinya terjual 25
bungkus bola-bola getuk orange. Untuk harga jual kami perkirakan sebesar Rp. 3000,00. Omzet usaha
dihitung dengan :
20 hari
kerja x 25 bungkus bola-bola getuk goreng “ si ubi jalar “ merah wortel x Rp.
3.000,00 = Rp. 1.500.000
No.
|
Nama
Kegiatan
|
Jumlah/bulan
(Rp.)
|
Jumlah/tahun
(Rp.)
|
1.
|
Omzet
|
1.500.000
|
18.000.000
|
2.
|
Biaya
Operasioal
|
800.000
|
9.600.000
|
Pendapatan
Bersih
|
700.000
|
8.400.000
|
DAFTAR PUSTAKA
Alfiqie, Yanuar
Dicky. 2014 . Proposal Program Kretifitas
Mahasiswa. Dari http://sispacunikalpbsi.blogspot.com/2014/09/proposal-program-kreatifitas-mahasiswa.html/ Diunduh 4 Juni 2015.
http://m.detik.com/food/read/2009/08/27/162218/1190974/482/ubi-merah-yang-sarat-manfaat.html/. Diunduh 4 Juni 2015
LAMPIRAN
A. Daftar Biodata Anggota Kelompok
1. Ketua Pelaksana
a. Biodata Pribadi
Nama Lengkap : Kartika Dewi
NPM :
1513500067
Fakultas/Progdi : FKIP/PBSID
Universitas : Universitas Pancasakti Tegal
Tempat/tanggal lahir : Brebes, 03Juli 1994
Waktu untuk PKM : 4 Jam/Minggu
b. Riwayat Pendidikan
1. TK Miftahul Huda Sembung
2. SD Negeri Sigentong 02
3. SMP Negeri 1 Bulakamba
4. SMA Negeri 1 Larangan
5. Universitas Pancasakti Tegal
Mengetahui,
Kartika
Dewi
NPM
1513500067
2. Anggota Pelaksana 1
a. Biodata Pribadi
Nama Lengkap : Urslam Wiweko Pramudhityo
NPM :
1513500012
Fakultas/Progdi : FKIP/PBSID
Universitas : Universitas Pancasakti Tegal
Tempat/tanggal lahir : Pemalang, 28 Desember 1991
Waktu untuk PKM : 4 Jam/Minggu
b. Riwayat Pendidikan
1. SD Negeri Kebondalem 01
2. SMP Negeri 2 Pemalang
3. SMA Negeri 3 Pemalang
4. Universitas Pancasakti Tegal
Mengetahui,
Urslam
Wiweko Pramudhityo
NPM
1513500012
3. Anggota Pelaksana 2
a. Biodata Pribadi
Nama Lengkap : Winda Nur Azizah
NPM :
1513500118
Fakultas/Progdi : FKIP/PBSID
Universitas : Universitas Pancasakti Tegal
Tempat/tanggal lahir :Tegal, 29 Juni 1994
Waktu untuk PKM : 4 Jam/Minggu
b. Riwayat Pendidikan
1. SD Negeri Bumiharja 02
2. SMP Negeri 1 Tarub
3. SMK NU 1 Islamiyah Kramat
4. Universitas Pancasakti Tegal
Mengetahui,
Winda Nur
Azizah
NPM
1513500118
B. Daftar Biodata Dosen Pembimbing
1. Biodata Pribadi
Nama Lengkap : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd.
NIPY :
18862521986
Alamat : Jl. Diponegoro 663 Bumiayu-Brebes
52273
Email : gendhissastra@yahoo.com
2. Riwayat Pendidikan
a. SD Negeri Jatisawit IV Bumiayu
b. SMP Negeri 1 Bumiayu
c. SMA Negeri 1 Bumiayu
d. UNS Surakarta (S1)
e. UNS Surakarta (S2)
Mengetahui,
Afsun
Aulia Nirmala, M.Pd.
NIPY. 18862521986
beres,mudah-mudahan bermanfaat
BalasHapusBagus Sekali..
BalasHapus