Selasa, 31 Mei 2016

DESAIN PEMBELAJARAN
Standar Kompetensi : 5. Memahami pembacaan novel
Kompetensi Dasar     : 5.1. Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
A.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan
·      Apersepsi
1.    Guru memberi salam dan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.    Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
3.    Guru menyampaikan kepada peserta didik tujuan pembelajaran.
·      Motivasi
1.    Guru membacakan penggalan sebuah novel yang bagus untuk dibacakan.
Kegiatan Inti
·      Eksplorasi
1.    Guru mengajak siswa untuk memahami novel yang indah untuk dibacakan, asalkan dengan vokal, intonasi, dan penghayatan yang sesuai.
·      Elaborasi
1.    Guru menunjuk salah siswa membacakan penggalan novel yang sudah disediakan. Siswa diminta untuk memberikan tanggapan atas unjuk kemampuan siswa yang dijadikan model. Tanggapan diarahkan pada vokal, intonasi, dan penghayatan.
2.    Guru memberikan ulasan dan penekanan pada hal-hal yang harus dicontoh dari model.
3.    Guru menunjuk salah siswa yang dianggap menguasai materi tersebut untuk membacakan penggalan novel di depan kelas dan siswa lainnya memberikan tanggapan.
4.    Guru membuat bola dari kertas, bola dilempar ke siswa dengan diiringi nyanyian.
5.    Guru mengarahkan siswa yang mendapatkan bola untuk menyampaikan pendapatnya atas penampilan siswa tersebut.
6.    Siswa yang telah menyampaikan pendapat/ide, melemparkan bola ke siswa yang lain, dan begitu seterusnya.
·      Konfirmasi
1.    Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2.    Guru memfasilitaskan peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna.
3.    Guru memberikan evaluasi kepada peserta didik terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten.
Kegiatan Penutup
1.    Guru dan peserta didik menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan pada hari ini.
2.    Guru menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya.
3.    Guru memberi salam.
B.  Media Pembelajaran
·         Model (siswa)

·         Permainan bola kertas diiringi nyanyian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar